Jumat, 07 Oktober 2011

Kasus Pemanfaatan Sosial Media



     Internet terkenal dengan kemampuannya yang bisa digunakan dalam segala bidang, dan yg sedang sangat digandrungi saat ini adalah social media. Bermula dari hanya digunakan untuk menjalin pertemanan jarak jauh, sekarang sosial media melebarkan fungsinya di segala bidang, sehingga semua lapisan masyarakat dapat menggunakan sosial media sesuai kebutuhan msing-masing. Berikut adalah contoh beberapa pemanfaatan sosial media di beberapa bidang :


  1. Pertemanan

         Merupakan fungsi awal dan yang terutama bagi sosial media adalah untuk mendapatkan atau menjalin pertemanan dalam dunia maya tanpa terbatasi oleh dimensi waktu dan tempat. Semua orang dapat terhubung dengan sosial media kapanpun dan dimanapun, untuk sekedar menanyakan kabar ataupun mencari teman baru.
         Sosial media memberikan dampak yang besar dalam dunia pergaulan, sehingga kapanpun dan dimanapun setiap orang dapat tetap menjalin komunikasi dengan sahabat ataupun keluarga yang tidak punya waktu untuk bertemu secara langsung.
         Tetapi seiring berkembangnya sosial media, muncullah istilah "Menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh.", ternyata memang terbukti, kebanyakan orang terlalu memfokuskan pergaulannya hanya dalam sosial media, membuatnya jadi malas bertemu secara langsung, padahal pergaulan secara nyata lebih baik daripada dalam dunia maya, akibatnya banyak diantara orang yang hanya mengandalkan sosial media dalam pergaulannya tidak berjalan dengan semestinya. Karena itu manfaatkanlah sosial media sebijak mungkin.

  2. Games

         Pemanfaatan sosial media yang berikutnya adalah games. Dari yang mulainya seseorang bisa berkomunikasi hanya sekedar bertukar kabar atau obrolan, kini masing-masing individu dapat mempererat tali persahabatan dengan bermain game bersama yang terkoneksi dengan sosial media, sehingga orang yang bersangkutan tak perlu berada di tempat yang sama untuk dapat bermain game bersama.
         Dan akhirnya komunikasi pun menjadi semakin menyenangkan, karena tidak hanya bertukar obrolan tetapi kini dapat bermain bersama.
         Akan tetapi lagi-lagi fasilitas yang baik ini banyak disalah gunakan. Banyak orang-orang (terutama siswa sekolah dan mahasiswa) berlebihan dalam menggunakan fasilitas ini, banyak diantara mereka yang akhirnya keranjingan untuk bermain games online dan melupakan studi mereka. Mereka rela menghabiskan uang dan waktu hanya untuk bermain games tanpa berpikir panjang.

  3. Akademik

         Kemampuan internet dalam berbagai hal membuatnya memliki fungsi yang banyak yang dapat digunakan dalam banyak hal, terutama akademik. Kini tanpa memiliki literatur tertulis seperti buku pun kita dapat mencari sumber-sumber ilmu pengetahuan dalam internet. Peranan sosial media sangat besar dalam bidang ini, di sosial media kita dapat membuat grup khusus yang mengenai akademik, seperti grup kelas ataupun grup organisasi. Sehingga dalam grup itu kita dapat bertukar informasi ataupun pengetahuan secara cepat, sehingga efisiensi waktu dan biaya lebih optimal.
         Namun, pemanfaatan sosial media untuk kepentingan akademik haruslah benar-benar digunakan dengan benar, dan dibutuhkan niat yang tinggi, karena dlaam internet sangat banyak godaan-godaan dalam prosesnya. Sering kali orang-orang yang menggunakan fasilitas internet untuk akademik malah melenceng dari tujuan awalnya, seperti bermain games ataupun mengobrol dengan teman dalam dunia maya.
    Juga perlu diperhatikan dalam kasus kasus plagiat dalam dunia internet, sering kali banyak orang yang tidak bertanggung jawab memplagiat hasil kerja kita, ataupun kita yang memplagiat karya orang lain tanpa menyertakan sumbernya. So, SAY NO TO COPYCAT !!

  4. Bisnis

         
    Fungsi sosial media selanjutnya yang sedang menjamur adalah di bidang bisnis atau transaksi jual beli. Beberapa orang yang kreatif melihat fungsi lain yang bisa digunakan dalam sosial media yang tidak hanya dapat digunakan untuk bersosialisasi dan bersenang-senang, tetapi juga bisa digunakan untuk merauk keuntungan material dengan cara berbisnis secara online. Sungguh hal ini sangat menguntungkan dan sangat unik, dimana orang tidak perlu lagi berjalan-jalan di toko atau mall untuk mencari barang yang kita inginkan, karena itu menghabiskan banyak tenaga dan ongkos tambahan, dengan ini anda hanya perlu duduk manis di depan komputer sambil melihat barang-barang yg anda butuhkan, dan ketika sudah mendapatkan yang diinginkan, transaksi pun akan dengan cepat dapat dilakukan.
    Pembayarannya pun sangat praktis, dapat menggunakan kartu kredit atau transaksi antar rekening bank. Kepraktisan ini sangat menguntungkan kedua pihak baik penjual maupun pembeli. Penjual tidak perlu menyiapkan modal yang besar untuk berbisnis seperti menyewa tempat ataupun yg lainnya, pelanggan pun diuntungkan karena tidak harus susah berkeliling pusat perbelanjaan untuk berbelanja.
         Akan tetapi anda harus berwaspada dan cerdik dalam berbisnis online, terutama bagi pembeli. Anda harus berpikir matang dalam memutuskan untuk bertransaksi online dan memilih sumber yang benar-benar dapat dipercaya, karena sekarang ini banyak penipuan bisnis yang terjadi di internet.


     Dengan demikian memang terlihat banyak sekali keuntungan dan kepraktisan yang bisa didapat melalui internet, khususnya sosial media. Tak ada segala sesuatu yang sempurna, bahkan sesuatu yang hebat seperti internet pun dapat berakibat fatal jika disalahgunakan. Bagaimana nantinya pengaruh internet terhadap anda, baik positif maupun negatif, itu semua tergantung bagaimana anda memanfaatkannya. So, are you ready to online ? ;')


Thank you..
Sincerely,
Yudi Rachmadi
2IA05
5410736

0 komentar:

Posting Komentar