Rabu, 28 September 2011

Pengalaman Mengenal Internet



     Pada zaman sekarang ini internet sudah bagaikan kebutuhan mutlak untuk mendapatkan informasi. Masuknya era globalisasi ke sistem permasyarakatan dunia menuntut masing-masing individu untuk memperoleh informasi secara cepat dan efisien. Media penyebaran informasi yang paling mudah untuk digunakan atau diakses adalah melalui media elektronik. Perkembangan media elktronik terus berkembang pesat sehingga munculah media pengakses informasi yg dinamakan internet.
     Internet memungkinkan seluruh penduduk di seluruh dunia menjadi terhubung, dan oleh sebab itu pertukaran atau penyebaran informasi dapat dilakukan secara cepat.
     Saya sendiri mulai mengenal internet sejak menginjak bangku SMP. Awalnya saya sangat awam untuk mengenal apapun yang berhubungan komputer, apalagi internet. Tapi suatu ketika saya menemani saudara saya pergi ke warnet, dari situ saya melihat sendiri betapa mudahnya mendapatkan informasi yang kita inginkan di internet. Hanya dengan mengetikkan kata kunci yang kita maksud, maka akan keluar semua informasi yang berkaitan dengan yang kita inginkan.
Dan pada saat itu saudara saya membuatkan e-mail pertama saya, dan yang saya pilih pada saat itu adalah akun yang paling umum yaitu Yahoo. Saudara saya pun juga mengenalkan salah satu search enginee yang paling terkenal yaitu Google, dia menerangkan bahwa apapun yang kita inginkan atau yang ingin kita cari dapat dengan mudah ditemukan hanya dengan mengetikkan kata kunci pada google.
     Setelah itu saya sudah mulai sangat keranjingan yang namanya internet, ditambah lagi saya mulai mengenal social networking seperti Friendster & Yahoo Messenger yang masih sangat booming pada saat itu. Saya bisa menghabiskan waktu hingga 5 jam lebih di warnet hanya untuk mengakses situs jejaring sosial tersebut dan melakukan chat dengan banyak orang.
Saya pun juga mulai mengenalkan internet kepada teman-teman sebaya saya, dan alhasil mereka semua menjadi pecandu internet hingga sekarang.
Kegilaan saya dengan internet mencapai puncaknya ketika saya menginjak bangku SMA, dimana situs jejaring sosial semakin melesat banyak dan makin bervariasi, ditambah lagi saya mulai mengenal game online.
Dari yang tadinya saya bisa menghabiskan waktu hingga 5 jam di depan internet untuk mengakses situs, bertambah menjadi hampir atau lebih dari 12 jam ketika saya sudah mengenal game online.
Disamping saya sudah menjadi seorang yang hi-tech tetapi tetap ada sisi negatifnya, sekolah saya menjadi agak terbengkalai kala itu, karena yang ada di pikiran saya hanya internet dan kawan kawannya.
Tetapi seiring bertambahnya usia dan tanggung jawab yang saya harus pikul, saya mulai bisa mengendalikan kegilaan saya akan internet, dan saya sudah bisa mengendalikan itu semua ketika saya menginjak bangku kuliah hingga sekarang. 
     Jika dulu saya menganggap internet sebagai kebutuhan mutlak, sekarang saya hanya menganggap internet sebagai hiburan, terlebih lagi sekarang saya mulai memanfaatkan internet sebagai pembantu dalam mencapai hasil memuaskan dalam bidang akademik saya. Sampai sekarang pun internet masih menjadi teman setia saya. Tidak seperti sahabat-sahabat manusia yang lain, internet bisa selalu ada kapanpun saya membutuhkan

So, finally saran dari saya pergunakanlah internet dengan bijak. Internet dapat membuatmu sukses, bahagia, dan tidak merasa kesepian, tapi di satu sisi internet juga dapat menghancurkan jika tidak digunakan dengan bijak. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, bahkan sesuatu yang paling baikpun layaknya vitamin akan merusak tubuh jika digunakan secara berlebihan.

Thank You..

Sincerely,
Yudi Rachmadi (58410736)
2IA05

0 komentar:

Posting Komentar